magnet indonesia

Penggunaan Magnet Hopper

Penggunaan Magnet Hopper
Hopper
Pada aplikasi industri, peranan hopper sangat membantu dalam mobilisasi produk serta mengatur volume output, baik bahan baku atau bahan setengah jadi, ataupun bahan jadi. Bentuk hopper dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dilapangan yang dikalkulasi dengan proses flow produk, ketersediaan bahan, kapasitas dan pengaruh bahan terhadap laju gravitasi

Perusahaan kami dapat membuat hopper yang anda inginkan, kami pun siap memberikan solusi, baik rancangan desain, pengerjaan, bahkan penggunaan loadcell untuk hopper kami dapat mengerjakannya. anda cukup contact kami pada bagian atas blog ini.


penggunaan magnet hopper


Pada dasarnya hopper memiliki output berupa kerucut dan prisma. Beberapa aplikasi khususnya industri makanan, minuman, pakan ternak, plastik, chemical, dan lain-lain produk yang dilewatkan tidak boleh terkontaminasi logam atau metal. Adanya kontaminasi logam, apalagi ukuran metal yang cukup panjang atau besar dapat mengakibatkan gangguan bahkan merusak mesin pada proses produksi berikutnya. Oleh karena itu diperlukan adanya asesoris tambahan untuk hopper yaitu magnet. Sebenarnya dapat pula menggunakan metal detector dengan system gravity fall, tetapi hal ini kembali kepada kebutuhan dan budget customer.

Magnet hopper merupakan magnet yang dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan hopper. Di pasaran magnet hopper dikenal sebagai magnetic grate. Jika hopper berbentuk kerucut maka sangat tepat jika menggunakan magnet hopper type lingkaran

Magnet hopper tipe lingkaran


nah jika hopper anda berbentuk prisma, maka lebih tepat menggunakan yang tipe kotak atau square

magnet hopper tipe kotak
lalu bagaimana jika bentuk hopper anda tidak standar, kami bisa beri solusinya, magnet hopper dapat didesain sesuai hopper anda (customized).

Permasalahan yang sering muncul dari penggunaan magnet hopper adalah produk bubuk atau powder anda akan terganggu secara flow bahkan menumpuk atau bottle neck di magnet sehingga mengganggu proses berikutnya. Ada beberapa solusi diantaranya adalah dengan menggunakan vibrator yang diinstall pada dinding hopper sehingga memudahkan flow produk, solusi berikutnya adalah dengan mengatur simulasi aliran produk dimana pada magnet ditambahkan buffle dengan sudut 60 atau 90, atau magnet di pasang dual layer sehingga jika produk tidak tersentuh pada bagian atas akan tersentuh magnet pada bagian bawah.

berikut adalah gambar dari magnet yang memiliki buffle

Magnet hopper dengan buffle atau diverter

nah kalau yang dual layer seperti ini

magnet hopper dual layer
Lalu bagaimana dengan proses pembersihannya?

Proses pembersihan magnet cukup mudah, ambil magnetnya lalu bersihkan, bahkan beberapa desain diberikan pegangan agar mengambilnya dengan mudah, karena magnet memiliki berat yang lumayan.

magnet hopper with handle

kami juga memproduksi magnet dengan proses pembersihan yang mudah, atau dipasaran dikenal dengan easy cleaning. berikut adalah magnet hopper dengan metode easy cleaning

magnet hopper easy cleaning

Metal atau logam apa saja yang dapat ditangkap oleh magnet, seperti fungsinya magnet hanya dapat menarik benda-benda seperti besi, nikel, dan cobalt, adapun aluminium dan lain-lain ditarik lemah, bahkan seng tidak bisa ditarik sama sekali. Oleh karena itu dalam final inspeksi diharuskan menggunakan metal detector.

Bagaimana dengan kekuatan magnet? Kekuatan magnet dengan satuan gauss (gs) atau tesla (T) bervariasi, tergantung dengan jenis magnetnya, mulai dari 2000 gs hingga 12000 gs. Pada intinya semakin kuat nilai gauss maka semakin kuat menangkap metal. Dan nilai kekuatan magnet dapat diketahui dengan alat gauss meter atau tesla meter.

sepertinya sudah cukup pembahasan mengenai penggunaan magnet hopper untuk menangkap kontaminan. Kesimpulannya jika anda butuh pembuatan hopper beserta asesoris seperti magnet hopper dan vibrator serta loadcell, bahkan alat uji kekuatan magnet anda dapat menghubungi kami

terima kasih telah membaca tulisan sederhana ini, jangan lupa komentarnya untuk tulisan yang lebih baik lagi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment